Pages

Kamis, 31 Oktober 2013

pengetahuan akomodasi dan restoran



Pengetahuan akomodasi dan restoran
ISUH = Ijin Sementara Usaha Hotel
Berdasarkan keputusan menteri PARPOSTEL No. KM 94/HK 103/MPPT – 87. Tgl 23 desember 1987 tentang ketentuan usaha dan penggolongan hotel
1.      Ijin membangun hotel
2.      Ijin berlaku selama 3 tahun dan dapat diperpanjang
3.      Diberikan oleh dirjen parpostel
4.      Tidak dapan dipindah tangankan
5.      Pengurusan ijin selam 30 hari tanpa pungutan biaya
6.      Mencakup :
-          Pemasangan lift
-          Pemasangan generator
-          Pemasangan boiler
-          Pemasangan mekanik/elektrik
7.      ISUH dapat digunakan sebagai dasar untuk memperoleh :
-          Ijin peruntukan tanah
-          Pembebasan hak atas tanah
-          Ijin lokasi
-          IMB
ITUH : Ijin Tetap Usaha Hotel
1.      Untuk mengooerasikan hotel
2.      Berlaku selama hotel beroperasi atau berjalan usahanya
3.      Diberikan oleh dinas pariwisata setempat
4.      Mencakup :
-          Ijin penggunaan lift
-          Ijin enggunaan boiler
-          Ijin penyimpangan jam kerja
-          Ijin penyimpanan dan penjualan minuman keras
-          Ijin penyelenggaraan diskotik
Penggolongan / klasifikasi hotel bintang diatur oleh keputusan dirjen pariwisata No. 14/u/II/1988 tentang pelaksanaan ketentuan usaha dan penggolongan atau klasifikasi hotel
1.      Tingkat pelayanan hotel ditentukan dalam 5 golongan kelas yaitu bintang1,2,3,4,5
2.      Syarat  dasar klasifikasi :
-          Kelengkapan dan kondisi bangunan
-          Jumlah kamar
-          Peralatan
-          Pengelolaan / manajemen
-          Mutu pelayanan
3.      Berlaku selama 3 tahun
4.      Berbentuk piagam dan harus diletakan ditempat yg strategis. Yg menentukan / menetapkan yaitu dirjen parpostel
Keputusan menteri kebudayaan dan pariwisata N: KM 3 / - HK . 001 / MKP . 02 tanggal 21 februari 2002 tentang penggolongan kelas hotel
Pasal 3 : golongan kelas hotel : 1. Bintang 1 s/d 5
                                                   2. hotel melati
Pasal 5 : penghargaan tambahan terhadap golongan kelas hotel/melati, dapat diberikan penghargaan (award) bertanda berlian meliput aspek :
1.      Ramah lingkungan
2.      Sanitasi & hygiene
3.      SDM
4.      Penggunaan produk dalam negeri
5.      Pemberdayaan masyarakat setempat
Golongan kelas hotel / melati :
1.      Berbentuk sertifikat & bisa membuat stiker
2.      Ditetapkan dg keputusan ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia)
3.      Berlaku jangka waktu 3 tahun
Pasal 6 : kriteria penggolongan kelas hotel berdasarkan atas :
1.      Penilaian persyaratan dasar :
a.       Perijinan :
-          Ijin UU HO (Hinder Ordonasi)
-          IMB
-          Ijin Operasional Hotel
b.      Fasilitas pendukung :
-          Kualitas/mutu air baik menurut BTKL (Balai Teknik Kesehatan Lingkungan)
-          Kuantitas/jumlah air
-          Instalasi listrik
-          Pembuangan limbah / IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)
-          Lift
-          Boiler
-          Peralatan pencegahan dan penanggulangan kecelakaan.
Karakteristik Hospitality Industri
1.      Pelayanan
2.      Ramah tamah
3.      Kepuasan pelanggan
Sapta Pesona
1.      Tertib
2.      Aman
3.      Bersih
4.      Sejuk
5.      Indah
6.      Kenangan
7.      Nyaman
Tujuan pendirian akomodasi
1.      Komersial, meliputi tujuan mendapatkan profit/ keuntungan. Contohnya hotel
2.      Semi komersial, meliputi tidak semata² karena keuntungan, tetapi juga pelayanan kpd masyarakat. Contohnya asrama mahasiswa, rumah sakit
3.      Non komersial, tidak mencari keuntungan. Conthnya wisma, rumah dinas
Macam² akomodasi :
1.      Pondok wisata : usaha perseorangan
2.      Cottage : menyediakan pinjaman sepeda
3.      Homestay
4.      Hotel
5.      Airport hotel
Definisi hotel :
Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi yang menyediakan fasilitas dan pelayanan seperti penginapan, restoran, dan jasa lainnya. Dimana tamu tinggal untuk sementara waktu yang diperuntukan bagi umum dan dikelola secara komersial.
Jenis² pelayanan :
1.      Diskotik, pertunjukan tradisional
2.      Fasilitas olahraga
3.      Laundry
4.      Pelayanan transportasi
5.      Pelayaan money changer
Produk hotel :
1.      Tangible (produk nyata) seperti kamar, restoran
2.      Intangible ( tidak nyata ) seperti pelayanan yang diterima tanpa mengeluarkan biaya (senyum, sapa, kebersihan, dll.)
Tamu hotel ialah orang yang menghendaki pelayanan, orang yang mau membayar sesuai apa yangdinikmati, orang yang tidak ingin disepelekan
Jenis² tamu :
1.      Walking guest
2.      Individual guest
3.      Group guest
4.      VIP
5.      Commercial
Motivasi orang menginap dihotel :
1.      Kepentingan bisnis
2.      Perjalanan dinas
3.      Alasan kesehatan
4.      Bulan madu
5.      Reputasi/gengsi
Kewajiban pimpinan hotel :
1.      Menjaga citra hotel agar tetap baik
2.      Menerima siapapun tamu yang menginap
3.      Mencegah terjadinya hotel dalam bisnis narkoba, penjudian, maupun wanita tuna susila
Bartender adalah orang yang meracik minuman, misi bartender yaitu menjual minumn sebanyak mungkin tapi tamu tidak boleh smpai mabuk.
Pada saat mau membangun hotel, investor harus memperhatikan dasar²/peraturan² baik yg tertulis maupun yang tidak tertulis.
Bellboy adalah petugas yang mengantarkan tamu dari front office menuju kamar pada saat setelah check-in.

1 komentar: